Nilai, Fungsi Serta Macam2 Motivasi Pembelajaran

VIEW
Nilai Fungsi Motivasi Pembelajaran

Nilai, Fungsi Serta Macam2 Motivasi Pembelajaran - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu (KBBI,1997:666).

Nilai motivasi dalam pembelajaran


  1. Menentukan tingkat berhasil / gagalnya perbuatan belajar murid.
  2. Pembelajaran yang bermotivasi pada hakikatnya adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan, dorongan, motif, dan minat yang ada pada murid.
  3. Pembelajaran yang bermotivasi menuntut kreatifitas dan imajinasi guru.
  4. Asas motivasi menjadi salah satu bagian yang integral dari asa-asas pembelajaran.

Fungsi motivasi dalam pembelajaran



  1. Mendorong timbulnya kelakuan atau suatu perbuatan. Tanpa motivasi, tidak akan timbul sesuatu perbuatan, seperti belajar.
  2. Motivasi berfungsi sebagai pengarah. Artinya, motivasi mengarahkan perbuatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  3. Motivasi berfungsi sebagai penggerak. Motivasi berfungsi sebagai mobil. Besar kecilnya motivasi akan menentukan cepat atau lambatnya suatu perbuatan.

Macam-macam motivasi

a. Motivasi dilihat dari dasar pembentukannya

1. Motif-motif bawaan.
Yang dimaksud motif bawaan adalah motif yang dibawa sejak lahir, motivasi itu ada tanpa dipelajari. Sebagai contoh misalnya: dorongan untuk makan, dorongan untuk minum, dorongan untuk bekerja, untuk beristirahat, dan lain sebagainya.

2. Motif-motif yang dipelajari.
Maksudnya motif-motif yang timbul karena dipelajari. Sebagai contoh: dorongan untuk belajar suatu cabang ilmu pengetahuan, dorongan untuk mengajar sesuatu di dalam masyarakat.

b. Jenis motivasi menurut pembagian dari Woodwort dan Marquis

1. Motif atau kebutuhan organis, meliputi kebutuhan untuk minum, makan, bernafas, berbuat, beristirahat, dan lain sebagainya.
2. Motif-motif darurat, meliputi dorongan untuk menyelamatkan diri, dorongan untuk membalas, untuk berusaha, untuk memburu.
3. Motif-motif obyektif, meliputi kebutuhan untuk melakukan eksplorasi, melakukan manipulasi, untuk menaruh minat.

c. Motivasi jasmaniah dan rohaniah
Beberapa ahli menggolongkan jenis motivasi menjadi dua jenis, yaitu motivasi jasmaniah dan motivasi rohaniah. Motivasi jasmaniah seperti misalnya: refleks, instink otomatis, nafsu, sedangkan yang termasuk motivasi rohaniah yaitu kemauan.

d. Motivasi instrinsik dan ekstrinsik
1. Motivasi instrinsik.
Yang dimaksud motivasi instrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar, karena dalam diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh seseorang yang senang membaca tidak usah ada yang menyuruh atau mendorongnya, ia sudah rajin mencari buku-buku untuk dibacanya.

2. Motivasi ekstrinsik.
Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang aktif atau berfungsinya karena adanya perangsang dari luar. Sebagai contoh seseorang belajar karena tahu besok paginya akan ada ujian, dengan harapan mendapatkan nilai baik, sehingga dipuji oleh pacarnya, atau temannya.
Dalam penelitian ini, untuk mengukur besarnya motivasi belajar siswa, digunakan metode angket yang harus diisi oleh siswa sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Baca Juga: Motivasi Belajar dan Prestasi Mahasiswa

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Nilai, Fungsi Serta Macam2 Motivasi Pembelajaran"

  1. The best Online Casino Site | Gambling in USA
    Discover the best online casino sites to play your favorite slot machines, table 메리트 카지노 games, and video poker at. We have over 카지노 100 slots, table games, 1xbet

    ReplyDelete